Monday, January 28, 2013

Tips Jitu Memilih Madu Asli

Madu yang beredar di pasaran Indonesia sangat beraneka ragam, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya pembauran antara madu asli dan madu palsu.

Akan tetapi konsumen di Indonesia sering dihadapkan dengan kebingungan, terlebih dalam memilih mana madu asli dan mana madu palsu.

Madu asli adalah madu yang dihasilkan oleh lebah madu yang dikumpulkan dari nectar satu atau beberapa jenis tanaman, kemudian disimpan dalam sarangnya. Madu dari sarang lebah inilah yang dikatakan sebagai madu asli. Madu dalam kemasan dapat dibilang asli apabila proses produksi dari awal sampai pengemasan tidak mengalami pencampuran dengan zat apapun.



Inilah Tips cara memilih mana madu asli dan mana madu palsu :

Teteskan madu di air pada piring beling putih
Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan , sebelum madu tercampur air akan membentuk segi enam seperti sarang lebah. Semakin lama segi enam itu bertahan berarti makin baik nutrisi yang terkandung dalam madu (INI MADU ASLI), makin cepat segi enam mudar (INI MADU CAMPURAN).

Tidak beku walau disimpan dalam freezer kulkas berbulan-bulan.
Kadar air dalam madu asli biasanya di bawah 20%, akan lebih baik jika kadar airnya sekitar 15%.


Pilih Madu Terpercaya
Jangan tergiur pada kemasan dan harga murah. Biasanya madu asli berkualitas tinggi, harganya lebih mahal dari madu campuran dan madu berkualitas rendah.

Demikian Tips Memilih Madu Asli semoga bermanfaat, jika Anda ingin menambahkan tentangTips Memilih Madu Asli silahkan tinggalkan komentar.Terima kasih.

referensi : http://www.kenadeh.com