Tuesday, January 29, 2013

Sejarah : Nasi Goreng


Nasi goreng Siapa yang tidak pernah menyantap makanan yang satu ini. Paduan bumbu dan nasi yang digoreng ini membuat semua lidah bergoyang menikmatinya. Nasi goreng bahkan dinobatkan menjadi makanan paling enak di Dunia. Hal ini sepadan karena berbagai macam rasa membuat nasi goreng ini sulit dideskripsikan rasanya selain enak. Nasi goreng ini tidak mengenal kalangan, semua lapisan masyarakat dapat menikmati nasi ini. Campuran lauk membuat nasi ini menjadi semakin nikmat, mulai dari lauk sederhana seperti telur hingga campuran lain seperti udang, cumi, ayam, ati ampela, kambing, sosis, daging, dan jenis lauk lainnya memang sangat pas dengan bumbu yang diracik bersama nasi. Apakah anda tahu bagaimana sejarah nasi goreng
Nasi goreng dipercaya dibawa oleh bangsa Tionghoa ke negara-negara Asia Tenggara pada awalnya. Di Tionghoa sendiri nasi goreng ini dipercaya telah dibuat sejak tahun 4000 SM. Pada mulanya nasi ini digoreng karena sajian nasi dingin sangat tidak disukai oleh orang-orang Tionghoa. Oleh karena itu digorengnya nasi menjadi tujuan agar nasi tersebut menjadi hangat kembali. Seiring berjalannya waktu penambahan bumbu, minyak goreng, kecap menjadikan rasa nasi goreng ini menjadi semakin nikmat. Orang-orang Tionghoa yang merantau memulai dikenalnya masakan tersebut di negara lain. Modifikasi dari makanan ini terus berkembang di negara-negara lain. Tetapi di Indonesia sendiri resep nasi goreng ini diturunkan ke generasi baru secara terus menerus, hingga saat ini nasi goreng lebih dikenla sebagai makanan khas nusantara.

Sangat menarik bukan sejarah nasi goreng ini, bagaimana makanan yang bukan diciptakan di Indonesia justru bisa menjadi makanan khas Indonesia. Karena enaknya rasa nasi yang digoreng dengan bumbu ini membuat sang penikmat menempatkan nasi goreng sebagai makanan wajib jika tidak tersedianya menu lain. Makanan yang mudah dibuat namun rasanya enak menambah kepraktisan dari masakan ini. Sejarah nasi goreng mungkin memang bukan berasal dari Indonesia, tetapi saat ini merupakan kewajiban kita untuk melestarikan makanan nomor satu di dunia saat ini. Selamat berkreasi dan menciptakan jenis nasi goreng baru ya, agar nasi goreng tetap memiliki tempat di hati para penikmatnya.


referensi : masakankuliner.com