Wednesday, October 3, 2012

Mengenal QR CODE : Apa itu QR CODE ? Cara Kerjanya, Cara Membuat’


Ada yang tau gambar apa di samping?? kalo belum tahu Gengsi kali ya’ hhee.. :D Nah kalo belum tau yuk kita belajar bareng, Apasih QR CODE itu’.
Sebenarnya gambar disamping ini bukan gambar melainkan kode yang berisi data alfanumerik yang dapat dibaca oleh kamera
, bahkan handphone berkamera biasa dan alat pembaca lainnya. Kode ini populer dengan nama QR Code. sedangkan QR CODE itu sendiri adalah singkatan dari “Quick Response”karna memang QR CODE ini memiliki sifat yang Responsif yang cepat di baca oleh alat Scan QR CODE.
QR CODE ini adalah perkembangan termutahir dari duni CODE, Dibandingkan dengan pendahulunya yaitu BAR CODE yang sering kita jumpai disuper market tidak lain memiliki fungsi yang sama dengan QR CODE. tetapi BAR CODE masih memiliki kekuranga di bandingkan QR CODE jelas karna baru yak hhe :D , BAR CODE dapat memuat tidak daoat memuat kode berbentuk huruf dan symbol, tidak dapat menampung data yang banyak dan sulit dibaca oleh kamera. Sedangkan pada QR code kedua masalah krusial tersebut dapat diatasi sebagai penyampai data yang mutakhir wah… :D . dan yang paling membedakanya lagi QR CODE membentuk gambar 2 (dua) Dimensi tidak 3 (tiga) dimensi seperti Bar Code Pada Umumnya. :D
QR CODE ini sendiri pertamakali oleh anak perusahaan manufaktur besar asal JEPANG yaitu ‘DENSO WAVE’ dan di publikasikan pada tahun 1994, wah sudah lama juga ternyata ?? :) . Selain itu yang wajib di ketahui QR CODE ini sendiri lebih terkenal di Negeri Timur Tengah dan Eropa di bandingkan di Negri asalnya.
Nah Jika temen-temen punya Handphone ANDROID Aplikasi yang bisa MENS’CAN atau membuat QR CODE ini namanya QBEE (untuk link donloadnya nyusul yak :D ). Tapi bagi teman-teman yang tidak mempunyai ANDROID jangan berkecil hati, masih ada jalan menuju ROMA hhee :D . Berikut situs yang menyediakan Pembuatan QR CODE,KLIK AJA . Bagi temen yang mau keren-kerenan wajib di coba’ buat ID Kartu Nama bagus juga loh.. :D . Selamat Mencoba